Media Pembelajaran Melalui Pop-Up Book

Media Pembelajaran melalui Pop-Up Book yang dikembangkan oleh mahasiswa Tadris IPS semester 2 Kelas C Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon Sebagai bentuk penerapan kreatif dalam pembelajaran, melaksanakan proyek pembuatan pop-up book bertema mitigasi bencana alam di sekitar. Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas mata kuliah Mitigasi Bencana Alam yang diampu oleh Wisnu Hatami, M.Pd.

Pop-up book yang dikembangkan oleh mahasiswa secara berkelompok ini mengangkat lima jenis bencana alam yang umum terjadi di Indonesia, yaitu gempa bumi, tsunami, tanah longsor, banjir, dan gunung meletus. Masing-masing kelompok bertugas membuat media pembelajaran visual yang tidak hanya menarik secara desain, tetapi juga informatif dan edukatif dalam menyampaikan pesan mitigasi bencana.

Menurut Wisnu Hatami, M.Pd., kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan keterampilan mahasiswa dalam mengedukasi peserta didik mengenai pentingnya pengetahuan kebencanaan sejak dini.

“Pop-up book adalah salah satu media pembelajaran yang efektif untuk mengenalkan konsep mitigasi bencana kepada siswa, khususnya di tingkat SD dan SMP. Media ini menyederhanakan informasi yang kompleks menjadi bentuk yang mudah dipahami dan menyenangkan,” jelasnya.

Setiap karya pop-up book berisi penjelasan mengenai penyebab bencana, dampak yang ditimbulkan, langkah-langkah mitigasi, serta himbauan sikap tanggap bencana. Mahasiswa juga menyisipkan nilai-nilai karakter seperti kepedulian lingkungan, kerja sama, dan kesiapsiagaan.

Salah satu mahasiswa, Indah Yulia, menyampaikan bahwa proses pembuatan media ini memberikan pengalaman belajar yang sangat berbeda.

“Kami belajar tidak hanya soal teori bencana, tapi juga bagaimana menyampaikannya dengan cara yang menarik dan mudah dibaca semua orang. Kegiatan ini seru dan membuka wawasan baru,” ujarnya.

Di akhir sesi, seluruh kelompok melakukan presentasi hasil karyanya di hadapan teman sekelas dan dosen pengampu. Pop-up book dinilai berdasarkan isi materi, kreativitas desain, serta ketepatan pesan mitigasi.

Kegiatan ini menjadi bagian dari komitmen Jurusan Tadris IPS dalam mendorong pembelajaran yang kontekstual dan aplikatif. Ke depan, karya-karya terbaik akan disimpan sebagai portofolio media pembelajaran dan dapat dijadikan referensi dalam kegiatan praktikum micro teaching maupun pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini ditutup dengan sesi presentasi dan penilaian antar kelompok, di mana masing-masing tim memaparkan isi, desain, dan strategi penggunaan pop-up book dalam proses pembelajaran IPS di kelas. Beberapa karya terpilih direncanakan akan dikembangkan lebih lanjut dan dijadikan contoh media pembelajaran untuk praktikum Micro Teaching di semester mendatang.

Scroll to Top